Bahaya Melihat Gerhana Matahari Secara Langsung

Dear all…
Seperti kita ketahui bersama insyaAllah tgl 9 Maret 2016, akan ada gerhana matahari total yang totalitasnya justru melewati Indonesia.

  
Menurut seorang pakar astronomi Indonesia, yang akan mengalami gerhana matahari total 100% termasuk : palembang,bangka belitung, pangkalan bun, sampit, balik papan, poso, ternata dan palu.

Sementara kota lain totalitasnya berkisar maksimal 80% misalnya jakarta, surabayaa, solo, dll.

Tentunya sangat menarik untuk bisa melihat fenomena alam yang jarang ini, namun saya mengingatkan untuk sangat berhati-hati dan tidak melihat gerhana matahari secara langsung tanpa pelindung mata. Karena walaupun kondisi sedang tertutup bulan. Hal ini sangat berbahaya dan dapat menimbulkan gangguan penglihatan ringan yang dapat membaik spontan bahkan sampai ke gangguan penglihatan yang permanen.

Pada saat melihat gerhana matahari secara langsung maka sinar ultra violet akan tertuju ke bagian dari retina mata yang disebut daerah fovea-macula. 

Sinar ultraviolet yang menuju ke arah fovea dan macula di retina ini akan membuat kerusakan jaringan di daerah tersebut oleh karena mekanisme fotomekanik. Kondisi gangguan ini disebut juga Solar Retinopathy / Solar Ecclipse Retinopathy.

Ultraviolet yang masuk ke dalam fovea ini merangsang timbulnya banyak radikal bebas yang akan menghasilkan reactive oxygen spesies yang sifatnya merusak jaringan fovea di retina. Selain itu juga terjadi kerusakan karena peningkatan suhu di daerah fovea mata mencapai lebih dari 10-25 derajat celcius sehingga merusak jaringan tersebut.

Bagaimana mengatasi Solar Eclipse Retinopathy ini?

Tentu saja cara paling ampuh ialah pencegahan. Jangan melihat ke arah gerhana matahari secara langsung tanpa perlindungan apapun. 

Tidak ada obat yang dapat mengobati kondisi gangguan penglihatan akibat melihat gerhana matahari secara langsung ini, karena itu sebaiknya dihindari.

Contoh kasus gangguan penglihatan akibat melihat gerhana matahari secara langsung pernah dilaporkan di Ghana, Africa pada tahun. 2006  dan bisa dibaca disini 

http://www.bioline.org.br/pdf?jh07024
Bagaimana cara agar dapat melihat gerhana matahari?

Satu-satunya jalan untuk melihat gerhana matahari ialah dengan melihat dengan menggunakan alat pelindung mata.

Alat pelindung mata yang  harus dipakai ialah alat pelindung mata yang direkomendasikan oleh NASA untuk melihat gerhana matahari yaitu kacamata hitam ( sunglasses) dengan filter welder no 14. 

Penjelasan tentang filter solar yang dapat digunakan untuk melihat gerhana matahari secara langsung dapat dilihat di

http://eclipse.gsfc.nasa.gov/SEhelp/safety.html

  
Bagaimana dengan penggunaan telescope, camera dll? Boleh saja .. Asal tetap memakai solar filter yang memenuhi persyaratan NASA tersebut ya.

Salam Mata Sehat ! 

Dr Rozalina Loebis,SpM(K)

Advertisements

2 responses to “Bahaya Melihat Gerhana Matahari Secara Langsung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s