Diabetik Retinopati

Teman-teman….kali ini saya akan share tentang Diabetik Retinopati ya..:)

Sebelum bahas Diabetik Retinopati, kita bahas dulu tentang Diabetes.

Apa itu Diabetes?

Diabetes alias kencing manis sendiri ialah kondisi dimana tubuh tidak memproduksi cukup insulin untuk merubah gula menjadi energi lalu sebabkan penumpukan gula dlm darah.   Hal ini mengakibatkan berbagai masalah, termasuk di mata yaitu menjadi kasus Diabetik Retinopati yg dapat sebabkan kebutaan.

Apa sih Diabetik Retinopati itu?

Diabetes Retinopati adalah gangguan pembuluh darah di retina pada pasien yang mengidap diabetes mellitus (kencing manis). Diabetik Retinopati ini merupakan penyebab utama kebutaan baru pada orang dewasa bekerja di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Tempat terjadinya kelainan diabetik retinopati ini ialah di retina alias mata di bagian belakang (segmen posterior), jadi tak nampak dr luar. Dari luar maka mata nampak baik-baik saja tapi penglihatan terasa kabur.

Dimana sih letak retina itu?

Coba kita lihat gambar ini

Image

Retina ialah lapisan syaraf yang ada di belakang bola mata.

Diabetes Retinopati pertama kelihatan setelah berkembang secara perlahan-lahan selama beberapa tahun sebagai Retinopati Background yang merupakan tahap awal diabetik retinopati. Pada tahap awal ini, timbul bintik darah kecil atau kumpulan lemak tampak pada retina.

Berikut gambaran retina yang mengalami background retinopati

retinopati background

pada background retinopati ini mulai terjadi perdarahan-perdarahan kecil pada retina dan mulai timbul eksudat-eksudat pada retina. Namun tajam penglihatan masih bagus.

Coba dibandingkan dengan gambaran retina yang normal

normal-retina-180pxRetinopati proliferatif berkembang dari retinopati background dan merupakan penyebab dari sebagian besar kebutaan pada diabetik. Pada retina yang mengalami diabetik retinopati, terdapat perdarahan2 kecil dan eksudat yang lama-kelamaan berkembang menjadi proliferatif.

Apabila sudah menjadi proliferatif diabetik retinopati yang parah maka kondisi retina akan nampak sebagai berikut

Diabetic Retinopathy Proliferative Severe Retina Disease-resized-600

Pada kondisi seperti ini bisa dipastikan tajam penglihatan dan lapangan pandang akan sangat terganggu. Pada tahap proliferatif, pembuluh darah baru tumbuh pd permukaan retina dan saraf optik. Pembuluh darah baru ini cenderung utk pecah dan menimbulkan perdarahan.

Luka pada jaringan pembuluh darah yang pecah dapat juga berkontraksi dan menarik retina, menyebabkan terlepasnya retina dan kebutaan 😦

Biar lebih jelas, apa yg terjadi ketika Diabetes Mellitus (kencing manis) berkomplikasi ke mata (retina), sila lihat

Understanding Proliferative Diabetic Retinopathy

Resiko diabetes retinopati meningkat seiring lamanya penyakit diabetes mellitus diderita. Sekitar 60% pasien yang sudah menderita diabetes selama 5 tahun atau lebih, kebanyakan mengalami kerusakan pembuluh darah pada mata mereka.

Bagaimana gejala Diabetik Retinopati?

Penglihatan kabur, tidak stabil (kadang kabur kdg jelas). Terlihat adanya jaring laba-laba atau bintik-bintik kecil pd lapang penglihatan. Pada beberapa pasien, kebocoran pembuluh darah mengalir ke dalam makula mata, yaitu bagian retina yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral (pusat), menyebabkan hilangnya penglihatan sentral / pusat.

Apabila ini contoh penglihatan orang normal

4.1.1

Maka, orang yang mengalami Diabetik Retinopati akan mempunyai penglihatan yang terganggu seperti ini

4.1.1

Apa yang dapat dilakukan oleh penderita Diabetes untuk mencegah Diabetes Retinopati?

Yg hrs dilakukan ialah mengontrol kadar gula darah &tekanan darah dengan mengatur pola makan sehat untuk kurangi resiko diabetes retinopati.

Dan jangan lupa, pada penderita Diabetes Mellitus untuk kontrol teratur ke dokter spesialis mata setiap 6 bulan utk pemeriksaan retina.

Karena semakin dini diketahui, maka komplikasi lanjut dari Diabetik Retinopati insyaAllah lebih bisa dicegah.

Apa saja jenis pengobatan yang tersedia untuk Diabetes Retinopati?

Pengobatan laser digunakan untuk menutup atau mengangkat kebocoran pembuluh darah yang tidak normal.

Namun apabila kondisi Retinopati sdh pada tahap yang lebih kompleks (profliferatif), kemungkinan prosedur operasi vitrektomi harus dilakukan.

Bagaimanapun pencegahan ialah yang terbaik dan deteksi dini pemeriksaan retina oleh dokter mata pada penderita diabetes penting dilakukan.

Demikian sharing tentang Diabetes Retinopati hari ini…semoga bermanfaat. Bila ada yang hendak didiskusikan feel free to mention akun Twitter saya di @RozalinaLoebis yaa 🙂 Atau email ke rozalinaloebis2512(at)gmail(dot)com

 

Advertisements

2 responses to “Diabetik Retinopati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s