Retinopati pada Prematuritas

Retinopathy of prematurity (ROP) adalah penyakit mata yang terjadi pada bayi yang terlahir prematur dengan usia kehamilan kurang dari 31 minggu dan berat badan lahir kurang dari 1250 gram. Semakin premature dan semakin kecil bayi, maka kemungkinan terjadinya ROP semakin besar.

Penyakit ROP ini menyebabkan pertumbuhan pembuluh darah abnormal pada retina, yaitu lapisan jaringan syaraf pada mata yang penting untuk penglihatan.Pertumbuhan pembuluh darah abnormal pada retina ini akan menyebabkan lapisan retina terlepas dan mengakibatkan kebutaan.

Bayi yang terlahir prematur pada usia kehamilan < 32 minggu dengan berat badan lahir < 1500 gram, harus menjalani skrining mata untuk kemungkinan Retinopati pada Prematuritas ini.

Pada skrining, maka akan ditentukan kondisi pembuluh darah retina bayi prematur tersebut.

ROP dibagi menjadi 5 stadium :

Stadium I — Pertumbuhan pembuluh darah abnormal yang ringan. Pada stadium ini biasanya membaik sendiri dan bayi akan mempunyai penglihatan yang normal.

Stadium II — Pertumbuhan pembuluh darah yang abnormal terjadi secara lebih berat. Pada stadium ini biasanya akan membaik sendiri dan bayi akan mempunyai penglihatan yang normal.

Stadium III — Pertumbuhan pembuluh darah yang abnormal terjadi secara sangat berat. Pembuluh darah abnormal tersebut akan tumbuh ke arah sentral dan tidak mengikuti pola pertumbuhan yang normal di permukaan retina. Pada stadium ini ada bayi yang akhirnya membaik dan tidak memerlukan terapi serta mempunyai penglihatan yang normal. Pada bayi dengan stadium III dan “plus disease (dimana pembuluh retina menjadi membesar dan berkelok-kelok, yang mengindikasikan perubahan penyakit kearah yang lebih buruk), terapi diperlukan terutama untuk mencegah terjadi pelepasan retina.

Stadium IV — Retina telah terlepas sebagian. Terjadi tarikan yang disebabkan oleh perdarahan, atau pembuluh darah abnormal yang retina dari dinding bola mata.

Stadium V — Retina terlepas secara total. Bayi akan mengalami kebutaan.

Beberapa kasus ROP terjadi dalam stadium ringan dan akan membaik dengan sendirinya, namun pada beberapa kasus yang lain bisa terjadi dalam stadium berat yang membutuhkan laser atau pembedahan untuk mempertahankan penglihatan. Laser maupun pembedahan ini ditujukan untuk menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang abnormal dan memastikan retina tidak terlepas.

Penyebab ROP

Belum diketahui jelas apa penyebab dari ROP, namun ROP sangat sering terjadi pada bayi dengan berat badan lahir < 1500 gram dan usia kehamilan < 32 minggu (sangat prematur).

Pembuluh darah tumbuh dari sentral retina pada usia kehamilan 16 minggu dan cabangnya akan mencapai tepi retina ketika usia kehamilan sudah mencapai lebih dari 36 minggu,.

Ketika bayi lahir matur, pembuluh darah retina sudah komplit, namun bila bayi lahir secara prematur sebelum pembuluh darah ini mencapai tepi retina, maka pertumbuhan pembuluh darah normal akan stop dan bagian tepi retina tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup. Hal ini menyebabkan bagian tepi retina akan mengirimkan sinyal ke daerah retina lain untuk mencukupi kebutuhan oksigen dan nutrisinya. Sebagai akibatnya pembuluh darah abnormal mulai tumbuh, dimana pembuluh darah ini sangat lemah dan mudah berdarah dan menyebabkan jaringan parut pada retina-yang dapat menyebabkan penarikan retina hingga terlepas.

Pengobatan ROP

Regimen pengobatan pada ROP ialah laser. Terapi laser akan mencegah pertumbuhan pembuluh darah abnormal. Selain laser, pada stadium yang lanjut seperti stadium III dan “Plus disease” mungkin memerlukan tindakan pembedahan, seperti Scleral Buckle dan Vitrektomi.

Kasus ROP ini tidak menimbulkan gejala, sehingga skrining pada bayi yang lahir prematur oleh dokter spesialis mata yang berpengalaman di bidang oftalmologi anak sangat penting untuk mendeteksi secara dini. (Roz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s